Penulis : Zulkarnain
|
Editor : Nurfadillah

LASUSUA TRENNEWS.ID – Beredar video di platform media sosial Facebook mempublikasikan sawah yang gagal panen akibat kurangnya perhatian dari pemerintah. Video yang berdurasi 1.30 menit itu menyebutkan, luas lokasi sawah yang gagal panen itu kurang lebih 10 ha dan berada di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Berbagai komentar pembaca menanggapi postingan video tersebut, “ini kejadian langkah di bidang pertanian, tanaman padi rusak karena tidak ada yang mau panen dan tidak ada alat / mesin pemotong padi, pertanyaan saya kemana PPL nya? Klarifikasi dulue e yang punya wilayah kerja,”ujar pemilik akun Eric Cristal.

Pemilik akun bernama Al Gojo juga memberikan komentar singkat dengan nada pertanyaan. “Mana itu dozer padinya yang 2 unit dititip wilayah Kecamatan Pakue Tengah,”kata Algojo.

Akibat adanya beberapa komentar yang muncul di laman itu, seolah-olah menyalahkan PPL yang bertugas di wilayah itu. Mengundang reaksi pemilik akun Facebook Alan Kolut, isi komentarnya seperti ini. “Bos tolong jangan cari masalah itu combain ada 3 yang dari Passampang 2 dari Kosali 1. Jumlahnya ada 3, itu sudah diserahkan dari Dinas Ketahanan Pangan ke ketua kelompok tani. Jadi saya mohon saudaraku saya Siku PPL Desa Lanipa merasa di pojokan bersama ka. Dinasku,”

Video berdurasi 1.30 itu berharap agar kepada DPRD jangan hanya turun memberi janji manis tanpa realisasi dan untuk instansi terkait agar konsentrasi lagi di pertanian.