Penulis : metrosultra.com

Metrosultra.id Kendari | Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Halu Oleo Kendari datangi SMAS Oikumene, Selasa (31/10). Kedatangan mereka dalam rangka mengajak siswa-siswi SMA Oikumene untuk dapat memahami peran penting yang dimiliki sebagai pemilih pemula pada Pemilu 2024.

Ilham Yuda selaku Ketua Panitia dalam sambutannya menjelaskan bahwa mayoritas pemilih pemula berasal dari Pelajar SMA atau sederajat. Sehingga, sepatutnya diberikan bimbingan dan pengetahuan tentang cara menjadi pemilih cerdas.

“Sebagai pemilih pemula adik-adik SMA Oikumene pastinya akan banyak sekali mendapat tantangan dan hambatan yg berasal dari diri sendiri ataupun dari luar,” katanya.

Yudha berharap, sosialisasi yang dilakukan selain dapat menjadikan para siswa SMAS Oikumene menjadi pemilih pemula yang cerdas, juga bijak dalam menyikapi ragam informasi negatif (hoaks) yang jumlahnya semakin meningkat.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

Kegiatan yang bertema “Peran pemilih pemula dalam Pemilu 2024” ini didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah komunikasi politik, Irmawanti.

Menurut Irma, kegiatan sosialisasi ini dilatari dari adanya kepedulian akademisi, yakni mahasiswa ilmu komunikasi FISIP UHO terhadap proses demokrasi yang sedang berlangsung yakni Pemilu 2024.

“Saat ini kita sedang menghadapi tahapan pemilu 2024. Dimana kesuksesan dari Pemilu ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama pemilih pemula. Kita tahu bahwa, jumlah pemilih pemula mendominasi pada Pemilu 2024, tutur Irma.

Lanjutnya, “Sebagai akademisi, dalam hal ini kakak-kakak mahasiswa yang hadir di SMAS Oikumene saat ini, terpanggil untuk dapat memberikan informasi. Mengenai, pentingnya peran dari pemilih pemula dalam Pemilu 2024. Diharapkan, adik-adik yang hadir saat ini dapat menjadi pemilih pemula yang cerdas dan bijak dalam menentukan pilihan. Selain itu, dapat menularkan informasi yang didapatkan ini kepada rekan sejawat,” imbuhnya saat menyampaikan sambutan.

Ni Nyoman Negari Suryati S.Pd selaku kepala sekolah SMAS Oikumene Kendari, menyambut dengan antusias dan menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UHO. Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa-siswinya.

“Siswa siswi SMAS Oikumene juga merupakan pemilih pemula yang perlu diberikan bimbingan, pengetahuan untuk menjadi pemilih cerdas pada Pemilu 2024. Mereka belum banyak yang paham tentang pemilu,” tuturnya.

Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan di tempat kami. Kami mengucapkan terima kasih telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini di tempat kami,” pungkasnya.